Rabu, 21 Agustus 2024

Menikmati Waktu Berdua dengan Si Adik Karena Si Kakak LDKS

berdua dengan si adik

Dear Diary-nya Rey.

Hari ini nggak ada yang spesial, berjalan seperti biasanya, meski sedikit beda karena si Kakak nggak pulang, dia nginap di Trawas ikut Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) oleh sekolahnya.

Perubahan ini terasa ketika menjemput si Adik, sampai rumah kami makan siang, si Adik shalat lalu kami tidur siang.

Kami bangun di pukul 5 sore dan merasa ada yang beda. Biasanya ada si Kakak yang mageran dan bikin maminya kesal. Kalau enggak mageran ya berantem sama adiknya, hahaha.

Tapi hari ini beda.

Si Adik pun jadi lebih mudah diarahkan. Disuruh shalat Ashar yang hampir menjelang magrib, meski masih ngantuk tetap segera dilakukan.

Setelah shalat pun dia langsung inisiatif mandi sendiri tanpa disuruh, lalu sekalian wudhu buat shalat Magrib pula.

Sekilas saya semacam dejavu, mengingat masa-masa ketika 7-8 tahun silam, sebelum si Adik lahir. 

Dulu tuh keseharian saya ya mirip-mirip kayak gini, nggak terlalu banyak ngamuk, nggak terlalu banyak ngomel, nggak terlalu banyak marah.

Kalau dipikir-pikir, ternyata yang bikin saya ngamuk itu karena anak udah dua ya, hahaha. Etapi, dulu emang saya nggak pernah atau jarang marah ke anak, tapi sering banget ngamuk ke bapakeh anak, hahaha.

Kesimpulan dini, emang penuh tantangan nih kalau hidup bertiga.

Saya jadi ingat suatu masa ketika saya dan si Kakak harus stay beberapa lama di Jombang. Ceritanya waktu itu si bapakeh anak udah nggak kerja di proyek jalan Tol di Jombang, pas cari kerjaan dia diterima kerja di proyek Tol Surabaya-Mojokerto yang base-nya ada di Waru, Surabaya.

Jadi, si bapakeh terpaksa balik ke Surabaya, dan kami (saya dan si Kakak) nggak bisa langsung ikut karena si Kakak udah sekolah di Jombang, dan kontrakan kami di Jombang masih lama masanya.

Terpaksa deh diputuskan si bapakeh aja yang di Surabaya, dia akan kunjungi kami seminggu sekali, kalau memungkinkan 2 kali seminggu.

Jadi sehari-hari, saya dan si Kakak berdua aja, kerjaan saya ya cuman menjalani hari dengan mengurus si Kakak. 

Bangun pagi siapin sarapan, lalu anterin si kakak sekolah yang jaraknya nggak jauh dari tempat tinggal kami. 2 atau 3 jam berikutnya saya jemput, lalu kami tidur siang, atau nonton TV.

Kalau nggak salah, ketika itu saya berbisnis Oriflame, tapi emang udah mulai malas aktif, jadi ya kebanyakan nonton TV aja sama si Kakak.

Rasanya saya jarang banget marah, karena si Kakak juga bisa dibilang nurut-nurut aja sama semua perkataan maminya.

Apalagi, di Jombang ketika belasan tahun lalu, belum seramai sekarang, udah ada sih sebuah swalayan yang letaknya lumayan jauh dari tempat kami. Tapi karena kalau ke sana saya harus naik motor melewati rute bus besar, jadinya mikir-mikir kalau mau keluar.

Jadilah kami menghabiskan waktu dengan ngendon aja dalam rumah.

Sama kayak sekarang ini, cuman bedanya sekarang saya harus buka laptop buat ikhtiar cari duit, hahaha.

Kalau dipikir-pikir, punya anak dua memang ada plus minusnya buat saya.

Kalau plusnya sih, saya jadi punya waktu sendiri karena anak-anak bisa main berdua, nggak melulu harus saya temanin kayak si Kakak dulu.

Tapi minusnya tuh ya, masya Allah saya jadi lekas tuwah karena marah-marah terus.

Kesal dengan anak-anak berantem untuk hal-hal yang remeh, kesal liat si Kakak yang sukanya godain adiknya sampai nangis, kesal liat si Adik yang kasar banget sama kakaknya lalu dibalas kemudian dia nangis juga.

Benar-benar deh, suara tangisan anak kecil bikin saya kesal pokoknya.    

Tapi, apapun yang terjadi, saya yakin inilah yang terbaik buat saya, karena yakin banget, Allah selalu memberikan jalan hidup terbaik buat hamba-Nya.

Saya yakin punya anak dua adalah terbaik di hidup saya, punya anak dua juga adalah anugerah yang mampu saya terima dan jalankan.

Meskipun tetap ada 'meskipun'-nya.

Di mana, kadang-kadang saya ngeluh, hidup menanggung 2 anak itu kok rasanya berat banget. Apalagi sekarang nggak bisa gantian sebentar urus anaknya.

Mau saya sakit kek, mau saya lagi ngapain kek, wajib banget bangkit, urus anak-anak, antar jemput mereka, dan semuanya.

Belum ditambah ketakutan akan 'nggak ada duit' untuk membayar ini itu, rasanya pengen bilang ke Allah.

Ya Allah, boleh nggak duitnya ngalir aja terus ke saya, biar nggak perlu ketakutan mengasuh 2 anak ini. Lalu ujungnya istigfar, karena sebenarnya ya Allah selalu cukupkan dengan rezeki yang datang dari berbagai arah yang nggak disangka manusia.

Buktinya, hingga saat ini saya dan anak-anak masih bisa hidup dengan normal.

Altagfirullah, ampuni hamba-Mu ini ya Allah.

Begitu aja deh, gegara mellow nggak ada si Kakak, saya jadi ngelantur ke mana-mana.


Surabaya, PKB7 21-08-2024 

Posted in  on Agustus 21, 2024 by Blogger Surabaya - Rey |