Minggu, 18 Agustus 2024

2 Harian Tepar

tepar

Dear Diary-nya Rey.

Sekarang pukul 22.58, saya lagiii... entahlah merasa gimana ini, banyak hal yang ada di kepala, makanya saya putuskan untuk menulis di sini sejenak.

Jadi, sejak Jumat malam saya merasa nggak enak badan, tepatnya setelah pulang antar jemput anak-anak ikut les coding dan robotic class.

Sebenarnya sebelum itu juga saya udah ngerasa badan nggak enakan, ditandai dengan tenggorokan yang nggak nyaman, dan dahak yang mulai mengganggu.

Kayaknya saya ketularan si Adik yang batuk pilek lantaran makan jajanan kripik beberapa waktu lalu.

Makanya saya tuh kesal banget kalau anak-anak makan kripik atau ciki-cikian, terutama si Adik yang belum kuat ketika makan jajanan begitu, pasti tenggorokannya bermasalah.

Mulai dari batuk, pilek, demam dan muntah-muntah, namun syukurnya sih si Adik cuman batpil dan demam dikit, masih bisa sekolah.

Tapi maminya ketularan, dan inilah masalah besarnya.

Saya tuh kalau udah sakit, semua tubuhnya kena, terutama tulang pinggang dan punggung.

Sementara, kalau sakit kan otomatis kudu tiduran, sementara saya nggak kuat tidur di kasur kelamaan, tulang pinggang dan punggung serta tulang iga tuh rasanya sakit banget.

Jadilah begitu, di Jumat malam saya tidur dengan membawa sakit, dan bikin kami bangun kesiangan karena tidur lagi setelah shalat subuh.

Alhasil badan sakit sakit semua.

Parahnya, saya belum cuci baju ketika Jumat kemarin, terpaksa kudu nyuci dulu. Sebenarnya kalau kepepet bisa minta si Kakak yang nyuci, tapi karena itu pakaian seragam dan warnanya putih, jadi terpaksa saya deh yang nyuci.

Dan begitulah, kebayang deh saya duduk jongkok menyikat baju, padahal sejujurnya tenaga saya tuh udah nggak bisa terlalu kuat untuk membersihkan kotoran di baju anak-anak.

Tapi kalau bukan saya, siapa lagi?

Setelah nyuci, dijemur, sekarang kepikiran nyetrika seragam. Untuk pekerjaan ini, harus saya banget yang lakukan karena setrikaan saya udah rusak, kalau bukan saya yang gunakan, pasti bakalan bikin baju gosong.

Jangan suruh saya beli setrika baru, kalau ada duit lebih mah sejak dulu saya beli!

Jadi yang bisa saya lakukan cuman nangis aja deh, hahahaha.

Untuk makanan, terpaksa mengandalkan gofood, biar kata saya kesal karena Gofood merugikan konsumen karena sulit dicancel.

Tapi, setelah 2 harian kemaren saya liat, cuman Gofood yang ngasih diskon lumayan, as you know sekarang tuh harga makanan muahaaaalll.

Bukan mahal sih, tapi emang karena inflasi, jadi harga-harga pada naik, sehingga kalau beli makan tuh kebanyakan perporsi 30an ribu, hiks.

Jadi, kalau 3 porsi, ya 100an lebih.

Meanwhile beberapa hari ini saya stres dengan semua masalah pengeluaran dan tagihan, ya Allah.

Tapi sudahlah, nggak ada yang bisa saya lakukan selain menghadapi, meskipun kadang sambil nangis, pengen nyerah, rasanya pengen protes sama Allah, kok kasih ujiannya berat banget.

Pengen banget dong saya gantian mengurus anak, butuh banget bisa istrahat ketika sakit begini. Tapi udah 5 tahunan kali ya, tepatnya sejak si Adik lahir, kok rasanya saya nggak bisa istrahat meskipun sakitnya nggak bisa gerak.

Kadang kalau lagi benar-benar sumpek, perasaan menyesal kenapa pula kemarin punya 2 anak, atau keknya nggak punya anak bisa lebih manusiawi hidup saya, astagfirullah.

Tapi ya gimana, saya beneran capek, beneran pengen istrahat, capeknya lahir batin, karena nggak ada tempat mengadu, tempat curhat, tempat berbagi beban, selain curhat di blog.

Kadang juga saya kesal dan iri mengapa orang lain bisa punya ortu yang baik, jika suaminya nggak jelas, masih punya ortu yang baik, rezeki yang lapang?.

Kenapa saya kok, udah nggak punya ortu dan keluarga, suami juga sampai bikin saya malu menyebutnya suami.  

Tapi rezeki juga nggak dilapangkan, setiap hari ketakutan dan kebingungan masalah ekonomi.

Meskipun pada akhirnya saya hanya bisa istigfar atas isi kepala saya ketika lelah lahir batin itu.

Ya begitulah.

Udah ah, sekarang saya mau paksa diri untuk mempersiapkan anak-anak sekolah, jujur ya, hal yang menyebalkan dari punya anak dan diurus sendiri itu adalah masalah sekolahnya.

Kesal banget rasanya saya dikejar-kejar dengan biaya pendidikan anak sendiri, biaya keseharian anak ke sekolah, mereka butuh uang jajan, uang transport ini itu. Belum lagi uang kegiatan, uang ini itu.

Bapakeh mana peduli dan mana mau tahu hal begitu.

Yang beginian biasanya bikin saya ingin protes ke Tuhan, kenapa sih kedua anak ini dilimpahkan ke saya semuanya?

Karena kayak sekarang, saya masih sakit tapi harus memastikan mereka udah mempersiapkan semuanya ke sekolah dengan baik. Mempersiapkan seragam, mempersiapkan bekal, dan ini semua butuh uang juga.

Duuhhh!

Sementara itu, demi bisa memenuhi semua itu, saya harus berjuang cari uang juga, sementara sekarang tuh susah banget cari penghasilan. Kalaupun ada, fee nya sedikit, syaratnya banyak, dan membingungkan.

Ya Allaaaaah, jadi paham mengapa sekarang banyak yang milih childfree

Sudahlah, astagfirullah ya Allah.

Ampunilah pemikiran hamba-Mu yang asal ini. Sesungguhnya saya tetap yakin, inilah kehidupan yang terbaik untuk saya, dan anak-anakku adalah anugerah yang luar biasa.


Surabaya, PKB7, 18-08-2024

Posted in  on Agustus 18, 2024 by Blogger Surabaya - Rey |