Rabu, 03 Juli 2024

Terus Semangat Tapi Ini Memang Melelahkan

semangat tapi capek

Dear diary-nya Rey.

Saya ngantuk banget, tapi mau tidur adalah hal yang belum bisa dilakukan. Anak-anak belum jamnya tidur, dan nggak bisa dipaksa tidur sekarang di pukul 20.30an.

Siang tadi mereka tidur hingga hampir 3 jam lamanya, mungkin karena semalam mereka tidur malam, dan paginya saya ajak jalan pagi sampai hampir 5 KM.

Sebenarnya, sayapun kurang tidur. Semalam saya tidur pukul 01.30an, dan bangun pukul 5 subuh. Pengen banget rasanya habis subuhan lanjut tidur, biar badan enakan, dengan tidur tercukupi.

Masalahnya, hal itu nggak bisa saya lakukan, karena saya adalah leader buat anak-anak.

Btw, udah minggu kedua saya dan anak-anak kembali disiplin mengikuti jadwal baru yang kami bikin bersama. Hal ini dikarenakan selama liburan ini, anak-anak nggak pernah ke mana-mana, demi berhemat, hahaha.

Sayangnya, gegara mereka cuman di rumah aja, hidupnya kok jadi nggak teratur banget. Udahlah bangun siang mulu, pas bangun ya kerjaannya cuman main monopoli, kalau dibolehkan main HP atau nonton TV.

Duh kesal rasanya maminya melihat kenyataan itu. Apa kabar pas masuk sekolah nanti ya?.

Tapi masalahnya adalah, anak-anak seperti itu karena mengikuti maminya. Maminya tidur pagi mulu, da tentu saja bangun siang banget. 

Namun maminya demikian juga karena ada alasan tertentu, salah satunya karena lagi stres, jadinya sulit fokus menulis kalau anak-anak belum tidur. Saya tungguin deh mereka tidur dulu baru nulis, nah masalahnya mereka tidur tengah malam juga. Alhasil, pagi deh baru saya bisa tidur. :(

Anak-anak sih udah bangun sekitar pukul 10 pagi, tapi maminya baru saja bisa tertidur, alhasil maminya bangun lebih siang lagi.

Dan jadinya anak-anak tuh kadang bahkan mandi aja nunggu maminya bangun. Duh kesal banget rasanya mereka udah nonton TV, tapi belum mandi atau melakukan hal apapun.

Meski sedang merasa nggak baik-baik saja, tapi melihat hidup anak-anak berantakan gitu, bikin saya makin nggak nyaman. Karena selain saya nggak suka liat anak-anak yang kayak nggak punya tujuan hidup, pun juga anak-anak semakin memperberat pikiran saya.

Mereka jadi suka gangguin saya kerja, berantem nggak jelas, nggak ada inisiatif mau ngapain. Karena memang maminya lagi stres.

Akhirnya saya bangkit, segera bikin jadwal lagi, si Kakak juga saya minta bikin jadwal dengan adiknya. Setelah jadi di print, dan menjadi panduan bagi anak-anak untuk melakukan kegiatan apa saja tanpa disuruh maminya dulu.

Namun, semua jadwal ini, nggak akan bisa terlaksana, kalau saya nggak menyertai mereka. Misal, saya minta mereka bergerak, nggak cuman mager di dalam kamar saja.

Mereka malas jika saya nggak ikutan, terpaksa deh saya ikutan jalan pagi dan terjadi setiap hari. Sejak 2 mingguan kemaren, Alhamdulillah hidup kami udah lumayan membaik. Setidaknya lebih produktif membuat saya merasa lebih baik.

Semua waktu saya terisi dengan baik. Saya nggak bisa tidur malam, karena anak-anak bakal ikut tidur malam, kalau maminya belum tidur.

Saya juga nggak bisa bangun siang, nggak bisa skip olahraga. Karena itu jadwal kami bersama, di mana anak-anak nggak akan olahraga kalau maminya nggak nemanin.

Anak-anak juga bisa lebih kayak 'remote kid'. Nggak nunggu diperintah dulu baru bergerak. Mereka akan melihat jadwalnya, dan menentukan sendiri harus ngapain.

Semuanya, berjalan lebih baik lah, dan Alhamdulillah hal ini bikin saya merasa jadi lebih baik.

Namun, ternyata semuanya tak bisa berjalan selalu lancar, setelah 2 mingguan baru mulai terasa, betapa saya memang udah tuwah, hiks.

Saya kecapekan sodara, ketika harus mengikuti jadwal anak-anak, saya mampu sih jalan kaki bareng anak-anak. Setelahnya saya siapin sarapan, beberes, dan kemudian setelah beres, saya bisa buka laptop bersiap kerja. Anak-anak juga sudah punya kerjaan sendiri, sesuai jadwa, jadi untuk sementara saya bakalan bisa lebih fokus tanpa diganggu anak-anak.

Dan senang dong?.

Sayangnya enggak bisa berjalan dengan lancar. Pas saya udah buka laptop bersiap untuk kerja, tiba-tiba saja rasa kantuk menyerang.

Ye kan, udahlah jalan kaki jauh, setelah pulang, bukannya istrahat, tapi langsung nyiapin ini itu. Masak, beberes, mandi sekalian nyuci dan kadang bersihin kamar mandi kalau lagi terlihat kotor.

Setelah mandi waktunya nemanin anak-anak main, sampai tiba waktu saya kerja, baru deh madep laptop. Yang mana energi saya udah habis, huhuhu.

Emang sih, saya udah nggak se fit dulu, apalagi emang usia saya udah senior. Kadang sedih sih, karena mengetahui semangat saya yang masih membara, tapi tenaga tidak lagi bisa mengimbangi.

Masalahnya adalah, energi saya untuk semangat kadang berlebihan, jadinya bikin merasa kesal sendiri kalau udah semangat malah ngantuk.

Apalagi emang jadwal saya setelah dipilah-pilah, ternyata super rempong juga. Saya bahkan nggak punya waktu tidur siang, karena mengejar waktu kerja.

Setelah saya pilah-pilah, baru ketemu ternyata waktu kerja saya setiap hari itu, khususnya pas anak liburan kayak sekarang, cuman sekitar 5 jam aja. Dan jujur waktu segitu sebenarnya belum mencukupi bagi saya, sehingga mau nggak mau saya meniadakan waktu tidur siang. 

Dan setelah itu, saya terkantuk-kantuk, nggak bisa fokus untuk bekerja. Ujung-ujungnya, kalau memang udah nggak tahan, saya terpaksa mencuri waktu untuk bisa tiduran sekitar sejaman, yang biasanya sih, molor sampai 2 jam, ckckckck.

Waktu bekerja 5 jam ini, akan kacau balau ketika saya harus membagi waktu antara mengurus blog dan instagram. Apalagi kalau dapat job instagram, baru bikin videonya aja, udah menghabiskan banyak waktu dan seringnya semua waktu kacau balau, dan tentu saja berdampak dengan waktu anak-anak.

Job IG ini memang kadang dianggap sepele, tapi ketahuilah, baru ambil video-nya aja, 'perjalanannya' panjang. Mandi dulu, dandan dulu, siapin pernak pernik yang bakal digunakan bikin video.

Apalagi kalau job IG tapi pakai visit store, double dah rempongnya. Kemaren tuh saya ada job visit store di TP. Sejak sehari sebelumnya udah saya siapin ini itunya. Bahkan baju yang akan kami bertiga pakai, udah saya siapkan sejak kemarinnya.

Tapi, demi konsistensi, saya tetap ajak anak-anak jalan kaki pas pagi, pulangnya baru deh bikin sarapan sekaligus bekal biar irit, hahaha.

Alhasil, saya baru bisa mandi di pukul 10 pagi, setelahnya baru dandan, dan berangkatnya pas udah Dhuhur juga.

Setelah ambil video di store, pulangnya kudu langsung diedit, dan itupun lumayan rempong, karena saya nggak bikin script sebelum ke sana.

Ya gimana mau bikin script, orang brief-nya juga kurang lengkap. Terpaksa saya harus liat dulu store-nya, baru deh ambil video banyak-banyak, biar pas diedit, banyak pilihan video yang bisa ditayangkan.

Kegiatan edit mengedit juga lumayan menghabiskan waktu, apalagi kalau harus pakai voice over, duh!. Mengepaskan omongan sendiri, dengan videonya tuh lumayan butuh effort banget.

Setelah video jadi, saya kirim deh ke PIC-nya buat di-preview. Kalau ada revisi, harus segera diganti, karena harus segera tayang, keburu promonya habis, hahaha.

Setelah diupload, semua perjuangan belum selesai, masih ada usaha biar jangkauannya luas. Yang sukses bikin waktu saya abis.

Gegara job IG kemaren, sukses bikin waktu saya dan anak-anak terbengkalai.

Intinya, saya tuh pengennya tetap produktif, mengeluarkan semangat dengan luar biasa. Tapi harus menyadari, kalau sekarang usia saya memang udah nggak muda lagi. Dan jadinya ini sangat melelahkan.   


Surabaya, PKB7, 03 Juli 2024

Posted in  on Juli 03, 2024 by Blogger Surabaya - Rey |