Sabtu, 08 Juni 2024

Ketika Sakit Tapi Harus Mengurus Anak-Anak

sakit dan urus anak

Dear diary-nya Rey,

Btw, hari ini saya nggak jadi anter si Adik latihan fashion show buat tampil di acara perpisahan, di sekolahnya. Rasanya terlalu memaksakan untuk keluar rumah, karena kondisi saya yang nggak fit.

Jadinya, saya cuman bangun shalat subuh, lalu tidur lagi, bangun pukul 6 buat ngabarin gurunya kalau nggak bisa anter si Adik ke sekolah.

Nggak dibalas sih, tapi biarin deh. Setelah itu saya lanjut tidur dan bangun pukul 8an.

Kondisi saya masih kurang nyaman sih, nggak terlalu baik, ke mana-mana pegang kain lembut buat lap ingus, hiks. Ini yang paling saya benci ketika batuk pilek, udahlah dahak saya buanyak, pun juga biasanya agak memakan waktu untuk kesembuhannya.

Makanya saya benci banget kalau anak-anak batuk pilek, karena sudah pasti menularkan maminya. Padahal maknya ini, kalau lagi batuk pilek, sampai hidungnya luka loh, saking ingusan mulu.

Tapi, bukan hanya itu yang akan saya ceritakan alias curhatkan malam ini. Saya jadi ingat kondisi sekarang sebagai single fighter mom pejuang LDM. Kalau sakit tuh menyedihkan banget.

Normalnya kan kalau orang sakit, ya istrahat

Tapi kalau kita jadi ibu tuh ya, sulit untuk bisa istrahat, even sedang sakit. Rasanya, selama belum pingsan, ya kudu bangun.

Namun, biasanya kan masih bisa istrahat, khususnya kalau sang ayah pulang kerja, anak-anak dan rumah di take over sementara. Jadi ibu bisa benar-benar istrahat dengan baik.

Itu tak bisa buat saya dong, karena ya memang saya sendiri banget, papinya anak-anak jauh, saya juga nggak dekat dengan keluarga suami. Jadinya ya gitu deh.

Tadi pagi pas bangun saya harus masak dll, bahkan sampai akhirnya nyuci baju seember besar, trus nyetrika seragam dan baju buat si Adik ke acara perpisahan Selasa besok.

Capek, sakit kepala, nggak nyaman karena hidung meler mulu, terus anak-anak berantem, tiba-tiba saya kesal dan nangis, meratapi kondisi yang sebenarnya butuh istrahat tapi malah kerja.

Mungkin kalau diary online ini ditemukan dan dibaca orang-orang, bakalan ngebatin,

"Ya udahlah ya, kalau lagi sakit, go food kan bisa, baju di-laundry kan bisa. Sudah modern kek gini, tinggal di kota besar pulak!" 

Kenyataannya nggak semudah itu ya, ada hal-hal yang nggak bisa saya jabarkan di sini, karena ya belum bisa saya ceritakan.

Selain biayanya pastinya ya, wakakakakak.

Untungnya, anak-anak ngerti, secepat kilat mereka diam, dan nggak berani berisik sama sekali. Jadi maminya bisa cepat menenangkan dirinya.

Setelah tenang (dan itu cepat banget, hahaha), saya jadi teringat masa lalu. Masa-masa sakit dan punya anak, tapi masih ada handle bantuan dari papinya anak-anak.

Lebih jauh lagi, masa-masa sakit ketika masih single dan belum menikah. Masa-masa sakit ketika ngekos kuliah pertama kalinya. Sampai akhirnya tiba di masa-masa saya sakit ketika masih kecil, atau masih tinggal di rumah ortu.


Sakit di masa kecil

Teringat ketika masih kecil dulu, saya tuh ya kalau sakit manjanyaaaaa minta ampun, tapi sekarang saya mengerti, mengapa kemanjaan ekstrim melanda saya ketika sakit. Tiada lain karena saya senang, akhirnya mama mau menyentuh kepala saya, khawatir akan saya.

Maklum, si Rey di masa kecil, khususnya setelah adiknya lahir, seperti kehilangan ibu, selalu dinomor terakhirkan.

Jadinya ketika sakit, dan mama pasti akan datang memegang dahi saya, rasanya senang dan bahagia. Tapi kelakuan saya ketika sakit emang luar biasa.

You know, dulu tuh ya, baru aja ngerasa badan nggak enakan, kalau kata orang Jawa 'greges' dikit gitu. Auto ke ranjang, ambil selimut, terus tidur deh.

Karena saya nggak pernah tidur siang, biasanya mama bakaln heran, langsung memegang dahi saya, setelahnya diambilnya air minum, terus dibangunkan saya, untuk dikasihkan parasetamol.

Tapi, itulah saat, saya nempel sama kasur, nggak pernah bangun, sampai hari ke-4 atau ke-5.

Lebay-nyaaaaa masya Allah!

Nggak mau makan sama sekali, minum juga dikit, hanya obat yang dipaksakan. Saking nggak ada isinya lambung, saya muntah kan rasanya pahit banget, udah nggak ada lagi yang keluar.

Jadinya, dengan kondisi lebay kek gitu, bahkan cuman batuk pilek aja, saya bisa makin kurus kering kayak orang busung lapar, hahahah.

Dalam 3-4 hari itu, saya beneran nggak pernah bangun, kecuali ke kamar mandi, itupun dipapah, astagfirullaaaahhh, hahahaha.

Cuman batuk pilek loh, atau paling banter kena malaria, saking di sana dulu banyak nyamuk hutan, hehehe.

Gegara nggak mau bangun sama sekali, di hari kedua, bahkan mau ke kamar mandi buat pipis misalnya, auto oleng you know. Makanya, saya tahu banget rasanya sakit kebanyakan istrahat, yang ada malah oleng, nggak sembuh-sembuh.

Rasa oleng itulah yang memicu mual dan karena saya jijay, keknya saya muntah ya bukan semata mual, tapi karena mau muntah, trus jijay sendiri merasa pengen muntah, akhirnya byor, wakakakaka.

Kebayang nggak sih, dengan sikap manja kek gitu, akhirnya saya harus terpisah ribuan KM dari ortu, lalu akhirnya sakit sendiri di kos?.

Dulu awalnya mama masih minta kakak Jouke untuk menjenguk saya di Surabaya, diajarinnya saya cara ngekos yang aman, harus masak sendiri, jangan kebanyakan beli karena nggak tentu dapat makanan bersih.

Tapi karena jauh banget ya, akhirnya berikutnya cuman dikirim duit aja, meskipun seadanya. Jadilah saya sakit sendiri di kos. Itu rasanya luar biasa sedihnya.

Mana zaman dulu kan belum ada go food dll itu. Mana pernah saya sakit pas liburan panjang, akhirnya di kos kan nggak ada teman sama sekali. Nggak ada yang bisa bantuin saya beliin makan.

Untung ada anaknya ibu kos yang pernah bawa saya ke klinik, dan dikasih obat.

Luar biasa deh bagaimana saya bertahan sakit di negeri orang, jauh dari ortu, yang mana ketika dekat ortu, pas sakit tuh manjanyaaaa minta ampun.


Menyadari Bahwa Tantangan Sakit Sendiri adalah Pembelajaran untuk Masa Kini 

Nah, ingatan saya akan masa kecil itu, tiba-tiba bikin hati saya terasa hangat. Menghangat karena melihat betapa Allah sudah mempersiapkan hamba-Nya untuk jalan hidup yang dipilihnya.

Saya jadi ingat, bagaimana bertahan dan beradaptasi dengan sangat susah payah ketika harus sakit dan jauh dari ortu dulu. 

Dan liatlah saya sekarang.

Ini bukan kali pertama saya sakit tapi masih harus bertingkah normal, karena anak-anak butuh saya banget, dan dompet nggak benar-benar bisa membantu, hahahaha.

Di masa pandemi dulu, bahkan saya lewati bertahun-tahun cuman bertiga sama anak-anak. Bahkan pernah saya kena kayak syaraf terjepit, dan nggak ada yang bisa bantu saya.

Untungnya Allah kirimkan bantuan melalu teman-teman blogger dan teman medsos di dunia maya ke dalam bantuan materi dan lainnya. Masya Allah.

Jadi kemaren tuh saya nggak bisa gerak, makanan disupport teman blogger. Si Kakak hanya perlu masak nasi dan cuci piring, dan akhirnya belajar bersihin cebokin adik, karena maminya nggak bisa gerak.  

Untuk baju, kebetulan ada mesin cuci, jadinya saya ajarin untuk memilah-milah pakaian dan kemudian mencuci pakai mesin cuci.

Untung juga ketika itu pas pandemi dan lock down, jadinya nggak perlu sekolah di luar, dan nggak butuh ke mana-mana.

Ya begitulah, saya jadi semangat dan positif thinking lagi, mengingat,

"Ah dulu juga bisa dilewati, sekarang juga bisa dong, insya Allah!"


Surabaya, PKB7, 08 Juni 2024

Posted in  on Juni 08, 2024 by Blogger Surabaya - Rey |